Yuk Cari Tau Ciri Kepodang Jantan Dari Tampilan Fisiknya

Yuk Cari Tau Ciri Kepodang Jantan Dari Tampilan Fisiknya

Burung Kepondang selama ini terkenal sebagai burung pesolek karena kecantikan warna bulunya yang begitu menarik perhatian. Selain dari warna bulunya, Kepodang jantannya ternyata terkenal akan kemampuannya dalam dunia tarik suara. Jika tertarik memeliharanya sebagai burung kontes, pastikan untuk membeli sang jantan. Bagaimana ciri Kepodang jantan ? Simak ulasan berikut.

Beberapa Ciri Khas dari Kepondang Jantan

  1. Garis Kuning pada Bagian Sayap

Ciri khas pertama yang membedakan antara Kepondang jantan dan betina terdapat pada bagian sayapnya. Jika diperhatikan lebih teliti, anda akan menyadari bahwa sayap burung cantik ini memiliki goresan berwarna kuning. Apabila goresan warna kuningnya tampak melebar dan renggang, sudah dipastikan bahwa anda telah menemukan sang jantan. Sebab warna kuning pada sayap sang betinanya terlihat lebih sempit.

  1. Melihat pada Bagian Ekornya

Apabila melihat ciri khas pada sayap dianggap sulit, tidak ada salahnya mencoba melihat ciri khas lainnya yang ternyata berada di bagian ekornya. Ketika diperhatikan dengan seksama, ekor sang jantan terlihat memiliki garis berwarna kuning di setiap sisinya. Sedangkan di bagian tengahnya akan didominasi oleh warna hitam. Dengan kata lain, bulu bagian ekornya lebih didominasi oleh warna kuning cerah.

  1. Perbedaan pada Pangkal Ekor

Selain dari bagian ekornya, ciri Kepodang jantan dapat terlihat dari pangkal ekornya. Sebab di bagian tersebut, nampak sebuah goresan berwarna kuning yang tampak berbeda. Untuk bisa melakukannya, dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian, karena memang letaknya yang berada di bagian ujung ekor sehingga sedikit sulit untuk melihatnya. Pada sang jantan, warna kuningnya akan tampak lebih jelas dibandingkan dengan betinanya.

  1. Terlihat dari Topeng

Burung cantik ini terkenal dengan perpaduan warna kuning cerah dan hitam pada bulunya. Beberapa warna hitamnya terletak di beberapa titik, yang salah satunya tampak mencolok karena berada di area mata bak mengenakan topeng. Bahkan sejak pertama kali melihatnya, kemungkinan besar warna hitam sudah mencuri perhatian. Disadari atau tidak, warna bulu di sekitar matanya ternyata bisa menjadi ciri khas untuk membedakan sang betina dan sang jantan.

Topeng yang dimiliki oleh sang jantan tampak lebih tipis hingga pada bagian belakang kepalanya. Sangat berbeda dengan sang betinanya yang justru memiliki topeng tampak melebar dan lebih luas hingga ke bagian belakang kepalanya. Jika keduanya saling disandingkan, kemungkinan besar anda bisa melihat ciri Kepodang jantan dengan jelas.  Agar tidak tertukar, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar bisa membedakannya.

Terkenal akan keindahan warna bulu dan suara kicauannya, pantas saja burung satu ini kerap diburu oleh penggemarnya. Jika memang berniat menjadikannya sebagai burung kontes, maka sang jantan bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya suara kicauan sang jantan terdengar lebih nyaring dan cukup bervariasi. Oleh karenanya, kenali berbagai ciri khasnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Hilda

Related Posts

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Penyebab mata merah dan berair pada bayi

Penyebab mata merah dan berair pada bayi