Cara Membuat Batu Alam Untuk Taman Sederhana Tapi Cantik

Cara Membuat Batu Alam Untuk Taman Sederhana Tapi Cantik

 

Cara membuat batu alam untuk taman sangatlah beragam. Kini memang cukup banyak yang memilih membuat sendiri batu alam untuk taman. Sayangnya secara hasil masih banyak yang belum maksimal.

Butuh kreativitas tinggi untuk membuat sendiri batu alam layaknya seperti aslinya. Teknik pengerjaannya pun tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Meskipun untuk polanya sendiri kini banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai bahan inspirasi.

Misalnya saja seperti berbagai pola batu alam untuk taman yang ada di Mystargarden. Yang merupakan salah satu tempat yang khusus mengulas tentang semua hal yang berhubungan dengan dunia pertamanan.

Jenis Batu Alam untuk Taman

Batu alam untuk taman banyak sekali ragamnya. Kesemuanya memiliki karakteristik masing-masing. Nah, dengan tahu apa saja jenis batu alam untuk taman, akan memudahkan saat Anda ingin membuat sendiri batu alam untuk taman.

  1. Batu Andesit

Sudah sejak dulu kala batu ini sering digunakan dalam berbagai bangunan kuno. Bahkan batu andesit ini dikatakan sudah sering digunakan sejak zaman megalitikum. Pada zaman itu, batu andesit seringnya digunakan untuk pembuatan arca, punden berunduk, dan lain sebagainya.

Alasan lain kenapa banyak yang memanfaatkan batu ini adalah teksturnya. Ya, batu andesit memang dikenal memiliki tekstur yang keras. Dengan demikian lebih awet dan juga tidak mudah rusak.

Seiring berjalannya waktu, batu andesit kini pun banyak digunakan sebagai penghias taman. Apalagi batu andesit ini dikenal tidak mudah ditumbuhi oleh lumut. Jika dilihat dari berbagai karakteristiknya, batu ini cocoknya diaplikasikan pada taman minimalis. Sebab batu ini memiliki warna yang cenderung gelap dan bentuknya yang tegas.

  1. Batu Alam Templek

Meskipun bentuknya lempengan tipis, batu templek dikategorikan sebagai jenis bebatuan yang keras dan kuat. Ya, karakteristik batu templek ini memang dikenal keras dan juga padat. Keunggulannya, batu ini tahan terhadap berbagai cuaca. Baik hujan maupun panas. Itulah kenapa batu templek cocok dipasang baik di Indoor maupun Outdoor.

Secara pola, batu templek dikenal memiliki pola yang acak. Tetapi justru karena itulah batu ini menjadi sangat populer di dunia pertamanan. Penggunaannya pada taman umumnya disusun dengan pola susunan sirih. Batu dengan susunan ini umumnya digunakan sebagai jalan setapak pada sebuah taman.

 

  1. Batu Alam Palimanan

Sesuai dengan namanya, Batu Palimanan berasal dari Kecamatan Palimanan Cirebon Jawa Barat. Batu Palimanan sendiri berasal dari Gunung Ciremai. Batu ini sudah sejak lama dikenal dengan kekuatan dan keawetannya. Namun sepertinya tidak hanya itu saja alasannya.

Corak batu palimanan yang eksotis tampaknya yang membuat banyak orang kepincut dengan batu ini. Ya, batu palimanan memang dikenal bercorak batik berwarna kecokelatan. Selain itu dikatakan juga jika batu alam ini kelebihan lainnya adalah bisa dengan mudah beradaptasi dengan berbagai macam corak bangunan.

  1. Batu Alam Candi

Meskipun namanya sama, tetapi batu candi berbeda dengan batu andesit yang sering digunakan untuk membuat candi pada zaman dahulu. Pori-pori batu candi lebih terbuka. Selain itu dari segi perawatannya lebih mudah dibanding batu alam jenis andesit.

Batu candi sendiri berasal dari kawasan Gunung Merapi Yogyakarta. Batu ini terbentuk dari lava gunung berapi yang sudah membeku. Teksturnya yang keras dan kuat dengan pola yang unik membuatnya sangat cocok untuk memperindah taman.

  1. Batu Alam Marmer Merah

Warnanya yang cantik nan mencolok membuat batu marmer merah sangat cocok untuk hiasan sebuah taman. Batu marmer merah berasal dari Tulungagung Jawa Timur.

  1. Batu Alam Hijau

Warnanya yang mencolok menjadikan batu ini sering digunakan sebagai aksesori sebuah taman. Apalagi harganya yang murah menjadikan alasan tersendiri kenapa batu alam hijau ini begitu populer di dunia pertamanan.

  1. Batu Alam Koral Sikat

Memiliki ragam warna yang cukup banyak membuat batu alam koral sikat menjadi primadona baru. Ditambah lagi bentuknya yang bulat dan kecil membuatnya sangat indah jika dijadikan sebagai aksesori sebuah taman.

Membuat Batu Alam untuk Taman

Cara membuat batu alam untuk taman memang mudah dilakukan. Meskipun demikian ada hal penting lain yang harus Anda ingat. Secara hasil pastinya tidak sesempurna batu alam yang asli dari alam.

Selain mempertimbangkan hal itu, coba pertimbangkan juga berkaitan dengan biaya pembuatannya. Jika memang tidak jauh berbeda, kenapa Anda tidak membeli batu alam yang asli dari alam saja.

Namun kembali lagi semua itu adalah selera. Jadi tidak bisa dipaksakan. Apalagi kini juga sudah cukup banyak yang membuat batu alam sendiri. Apalagi kini ada Mystargarden. Yang seringkali membagikan berbagai tutorial cara membuat batu alam untuk taman.

Hilda

Related Posts

Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Tips Fengshui Ruang Makan Minimalis

Tips Fengshui Ruang Makan Minimalis

Berbagai Inspirasi Motif Dinding Rumah Yang Artistik

Berbagai Inspirasi Motif Dinding Rumah Yang Artistik