Minyak bumi adalah sumber daya yang memiliki manfaat besar bagi kelangsungan hidup manusia diberbagai sektor. Apabila eksploitasi ini tidak diimbangi dengan kesadaran dini akan berdampak sangat buruk. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran bagaimana cara menghemat minyak bumi untuk keberlangsungan.

Artikel:

Minyak bumi merupakan endapan di dasar laut yang telah sangat lama yang berasal dari sisa organisme maupun tumbuhan. Karena membutuhkan proses yang sangat lama untuk membentuk minyak bumi dan berlangsung secara alami tanpa campur tangan manusia, jika pemanfaatannya secara terus menerus tanpa mengutamakan keberlanjutan maka sumberdaya ini akan habis. Beberapa tahun terakhir ini, terdapat suatu gebrakan baru sebagai tindakan lanjut isu habisnya minyak bumi pada tahun 2030. Banyak para pakar ahli, aktivis dan pejabat menyuarakan isu energi terbaharukan pengganti cadangan minyak bumi. Anda sebagai generasi muda dan penerus bangsa, dapat melakukannya dengan cara sederhana namun memiliki dampak yang besar.

 Cara Menghemat Minyak Bumi yang Dapat Anda Lakukan

Untuk membantu mengurangi penggunaan minyak bumi dan menjaga kelestarian alam, anda dapat melakukab beberapa hal berikut:

  1. Gunakan Transportasi Umum

Kegunaan minyak bumi yang utama adalah sebagai bahan bakar kendaraan atau transportasi baik darat, udara maupun air. Umumnya minyak bumi ini akan diolah menjadi bensin, solar, diesel dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, transportasi seperti mobil atau kendaraan bermotor sering digunakan untuk bepergian. Namun taukah kalian bahwa kendaraan tersebut menyumbang indikasi menipisnya minyak bumi? Pengunaan bahan bakar yang berlebih akan menyumbang ekslpoitasi besar terhadap minyak bumi.

Salah satu cara menghemat minyak bumi untuk kondisi ini yaitu menggunakan fasilitas kendaraan umum atau “car-sharing”. Cara ini mampu mengendalikan pengunaan kendaraan pribadi sehingga mengurangi penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar. Gunakanlah transportasi publik yang telah disediakan oleh pemerintah atau gunakan satu mobil jika berpergian bersama-sama.

  1. Gunakan Bahan Bakar Alternatif

Beberapa tahun terakhir ini, sedang gencar-gencarnya edukasi dan sosialisasi mengenai isu energi terbaharukan pengganti minyak bumi. Cara alternatif ini akan sangat membantu untuk mengurangi penggunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak alternatif yang kini sedang berkembang dan dikembangkan. Bahan alternatif yang digunakan adalah bahan yang lebih mudah dan cepat diperoleh, ramah lingkungan dan pastinya lebih ekonomis. Contoh energi terbaharukan yang sedang populer adalah sumber panas matahari (panel surya), tenaga air, tenaga angin, penggerak listrik, bahkan biogras. Biogas adalah bahan alternatif yang dihasilkan dari bahan biotik yang berasl dari kompos atau sisa sampah hijau, kotoran binatang ternak dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan Kendaraan Ramah Lingkungan seperti Sepeda

Cara lain menghemat pengggunaan minyak bumi yang dapat anda lakukan adalah pengurangan penggunaan kendaraan pribadi. Selain perpindah menggunakan kendaraan umum atau car-sharing, anda juga dapat menggantinya dengan bersepeda.

Cara ini mungkin sedikit tradisional, namun akhir-akhir ini ditengah pandemi cara ini mulai menjadi populer kembali. Selain dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi, bersepeda juga merupakan salah satu cara untuk berolahraga. Namun perlu diingat kembali, saat anda bersepeda harus tetap menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan.

  1. Kurangi Pengunaan Plastik

Plastik adalah bahan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai sektor. Plastik sendiri terbuat dari berbagai campuran bahan kimia termasuk didalamnya bahan kimia minyak bumi. Kalian dapat menemukan berbagai jenis dan bentuk barang yang terbuat dari plastik di sekitar kalian.

Taukah kalian bahwa plastik adalah bahan yang sulit untuk terurai? Plastik yang sulit untuk didaur ulang ini akan menjadi bahan pencemar bagi lingkungan. Tidak hanya itu saja, beberapa tahun akhir ini banyak gerakan untuk mengurangi penggunaan bahan baku plastik. Cara alternatif untuk kondisi ini adalah beralih menggunakan kantong  belanja atau bahan yang mudah terurai seperti kertas. Cara ini sangat membantu untuk menjaga lingkungan dan kehidupan berbagai mahluk hidup serta tentunya dapat membantu menghemat pengunaan minyak bumi.

  1. Pemakaian Listrik Secara Bijak

Salah satu cara menghemat penggunaan minyak bumi yang dapat anda lakukan terutama di rumah adalah bijak dan hemat menggunakan listrik. Ini adalah hal sederhana namun penting. Anda dapat mengejarkan secara dini kepada anak-anak anda mengenai pentingnya menjaga dan hemat energi. Karena tidak semua energi yang ada di bumi ini dapat diperbaharui.

Berikut beberapa cara menghemat energi: matikan peralatan/perabot yang menggunakan listrik jika sudah tidak digunakan, cabut kabel colokan jika tidak digunakan, hemat dalam menggunakan AC, beri rumah ventilasi untuk menghemat listrik dan memberikan cahaya ke dalam rumah, matikan kran air jika tidak dipakai, jangan menyalakan lampu disiang hari. Selain bertujuan penghematan minyak bumi, cara ini juga dapat membantu dalam pencegahan global warming.

Kalian sebagai generasi muda, mulai tanamkan kesadaran akan pentingnya tindakan menghemat energi bagai energi terbaharukan maupun tidak. Hiduplah dengan sehat dan bijak sehingga terciptanya kelestarian alam yang berkelanjutan.

Nah, demikian artikel mengenai cara menghemat pengunaan minyak bumi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian!.

 

 

 

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?
Scroll to top