Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Keindahan sebuah bangunan selalu menjadi impian siapapun. Karena pada dasarnya, rumah, kantor, hotel, restoran dan bangunan-bangunan berpenghuni lainnya selalu mampu menawarkan nilai estetik dan kenyamanan secara bersamaan. Salah satu bagian dari bangunan yang dapat dimanfaatkan sebagai tepat berkumpul yang nyaman sekaligus sarana yang menampilkan nilai keindahan adalah taman.

Fungsi Gazebo

Taman atau halaman merupakan tempat dimana oleh  para pemilik rumah/bangunan dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul dan bersantai bersama anggota keluarga atau tamu yang sedang datang berkunjung. Pesta barbeque, piknik, berkebun, semua dapat dilakukan di halaman rumah.

Gazebo adalah salah satu bangunan yang biasa dibangun di halaman selain untuk memperindah halaman/taman, juga difungsikan sebagai tempat berkumpul yang teduh dan nyaman. Secara harafiah, gazebo berasalh dari kata gaze (inggris) yang berarti memandang dan ebo (latin) yang artinya ke luar/luar. Jadi dapat diartikan gazebo adalah bangunan/ tempat untuk melihat pemandangan luar. Oleh karena itu, desain dari gazebo sifatnya terbuka, hanya terdiri dari pilar-pilar penopang di pinggiran bangunan dan atap yang mengikuti bentuk bangunan.

Gazebo bersifat terbuka, artinya tidak memiliki dinding/pembatas di sisi bangunan. Terbukanya desain bangunan gazebo berfungsi senagai tempat untuk memandang pemandangan luar dan menikmati segarnya hembusan alam. Namun saat ini, sudah banyak sekali ditemukan model-model dan desain terbaru dari gazebo, dimana gazebo tidak selalu dikelilingi pilar dan terbuka tanpa pintu, jendela dan dinding. Kini banyak pemilik rumah yang menginginkan konsep tertutup dengan menambahkan elemen dinding dan pintu namun tetap dilengkapi jendela kaca lebar yang berfungsi sebagai media untuk memandang pemandangan keluar.

Macam-Macam Desain Gazebo

Bagi Anda yang sedang ingin membangu gazebo di halaman rumah ataupun restoran Anda, maka tidak ada salahnya untuk mencari berbagai referensi model desain yang ada. Jangan sampai buntuk di tengah-tengah pembangunan ya.

  1. Gazebo Paviliun

Gazebo paviliun adalah salah satu gazebo yang paling banyak ditemukan di Asia. gazebo ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki halaman luas dan asri, dimana banyak terdapat tanaman, kolam dan pohon-pohon rendah. Gazebo paviliun merupakan gaya gazebo yang banyak ditemukan di bangunan-bangunan kerajaan Asia pada jaman dahulu.

Dengan bahan dasar kayu dna bambu, gazebo paviliun mampu memberikan kesan asri, hangat dan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. hal ini berkaitan dengan fungsi sebuah paviliun pada umumnya, yakni sebagai tempat beristirahat para tamu istana dan berkumpul bersama di waktu senggang.

Gazebo paviliun biasanya berbentuk sangat terbuka dengan pilar-pilar kayu yang sangat kecil dan lantai kayu berbentuk panggung. Gazebo jenis ini banyak ditemukan di restoran-restoran keluarga dan taman-taman umum dimana banyak terdapat orang berkumpul dalam jumlah besar. Gazebo paviliun yang terbuat dari kayu sering juga disebut dengan gazebo jati.

  1. Gazebo Modern

Sesuai namanya, gazebo modern memiliki gaya arsitektur yang kekinan dan simple. Gaya modern selalu menonjolkan sisi minimalis namun tetap nyaman jika ditinggali. Gazebo ini memiliki banyak keunggulan diantara gazebo lain karena selalu dilengkapi dengan mebel-mebel modern, seperti kursi busa, sofa, bantal kursi, bahkan meja di tengah-tengah.

Gazebo model ini sangat identik dengan kayu yang mengelilingi sisi bangunan dan ketinggia  gazebo yang hampir disamakan dengan tinggi kursi ruang tamu Anda. dengan kata lain, gazebo modern lebih mirip dengan sofa beratap yang diletakkan di halaman belakang, halaman depan ataupun mengapung di atas kolam rumah Anda.

  1. Gazebo Kaca

Jika gazebo pada umumnya bersifat terbuka dengan pilar-pilar estetik yang mengelilingi sisi-sisi bangunan, maka gazebo jenis ini justru berbeda. Gazebo tertutup berarti tidak ada bagian sisi bangunan yang terbuka, yang biasa digunakan sebagai area memandangi pemandangan sekitar.

Walaupun begitu, esensi dari gazebo masih dapat dirasakan dengan mengganti bagian terbuka gazebo dengan kaca bening yang lebar dari bawah hingga atas bangunan. Kaca ini berfungsi sebagai area memandang pemandangan luar. Keuntungan dari gazebo ini adalah Anda dapat terhindar dari serangga-serangga dan nyamuk di sekitar halaman yang biasa dirasakan oleh para penghuni gazebo terbuka.

Gazebo tertutup sangat cocok diterapkan di daerah-daerah dan negara tropis, seperti Indonesia. Untuk manambah kesan nyaman Anda dapat memasangi lampu di dalam gazebo dan mengecet warna-warna terang di sisi-sisi gazebo agar nyamuk dan serangga tidak berusaha masuk. Bila perlu, beri aromaterapi lavender untuk menjauhkan nyamuk yang masuk ke dalam gazebo.

  1. Gazebo Portabel

Sesuai namanya, gazebo jenis adalah gazebo praktis yang dapat didirikan dimana saja dan kapan saja yang Anda mau. Gazebo ini dapat Anda dirikan apabila menemukan halaman rumput luas dan ingin sekedar bersantai sebentar di sana. Atau Anda yang tidak memiliki halaman luas, seperti misalnya tinggal di atap gedung, maka gazebo portabel adalah solusinya.

  1. Gazebo Kolam

Hampir sama dengan gazebo modern, gazebo kolam berarti gazebo yang didirikan di atas atau disamping kolam, untuk menikmati keindahan pemandangan kolam. Gazebo ini banyak ditemukan di hotel-hotel tropis seperti di Indonesia, khususnya hotel-hotel yang ada di Bali. Layanan tambahan seperti meja apung berisi makanan juga dapat dijadikan fitur tambahan dari gazebo kolam.

 

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

6 Parfum KENZO Paling Enak

6 Parfum KENZO Paling Enak

Cara Blokir Nomor Telkomsel Yang Hilang Dengan Praktis Dan Mudah

Cara Blokir Nomor Telkomsel Yang Hilang Dengan Praktis Dan Mudah