Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

Kmar mandi merupakan tempat yang sangat penting bagi sebuah rumah. Ini karena kamar mandi digunakan sebagai tempat untuk membersihkan badan dan melakuakn aktivitas bersih diri yang lain. Sehingga kamar mandi harus lah terlihat bersih dan sehat.

Agar bisa mendesain kamar mandi yang terlihat bersih dan sehat kita juga peru memperhatikan beberapa aspek diantaranya adalah memperhatikan ukuran, kondisi dari suatu kamar mandi, lokasi , pencahayaan kamar mandi, sirkulasi udara serta keamanan.

l  Ukuran

Pixabay.com

Untuk menentukan desian kamar mandi kita juga harus mempertimbangkan ukuran kamar mandi tersebut. Jika kita mempunyai tempat dan rumah yang luas maka kita juga bisa mmebuat kamar mandi yang berukuran luas serta bisa menempatkan berbagai perabotan kamar mandi.

Akan tetapi jika tempatnya terbatas, maka kita juga bisa mendesain kamar mandi tersebut dengan disesuaikan luasnya.

Hal lain yang diperhatikan yaitu apabila kita senang melakukan aktivitas berdandan ataupun berendam maka kita juga bisa mendesain kamar mandi tersebut dengan ukuran yang lebih besar.

l  Kondisi kering atau basah

Pixabay.com

Di Indonesia sendiri masih sangat umum menggunakan kamar mandi basah. Walaupun ada beberapa juga yang lebih menyukai kamar mandi kering sehingga terlihat bersih.

Walaupun demikian kita masih bisa menggabungkan keduanya, dengan cara menggabungkan kamar mandi basah sekaligus kering dalam satu ruangan.

Kita bisa memisahkan kedunaya dengan menggunakan kaca fiberglass, atau kita juga bisa menempatkan kamar mandi basah ditempat yang lebih rendah dari kamar mandi kering dan dipisahkan dengan menggunakan tirai plastik.

l  Cahaya

Kamar mandi biasanya sebagai sarang kuman, karena tempatnya yang lembab. Untuk mengindari hal tersebut maka kita bisa memanfaatkan cahaya matahari agar bisa mencegah kuman berkembang.

Caranya dengan menggunakan genteng transparan yang tembus cahaya matahari sehingga cahaya matahari bisa langsung masuk kedalam kamar mandi.

Disamping untuk mencegah kuman berkembang, penggunaan genteng transparan tersebut juga bisa digunakan untuk menghemat pencahayaan dengan menggunakan lampu pada siang hari

l  Letak

Peletakkan dari perabotan kamar mandi juga harus kita perhatikan. Misalnya penggunaan wastafel yang letaknya di bagian depan kamar mandi. Sehinga pada saat kita akan mencuci tangan, kita tidak perlu masuk kedalam kamar mandi.

l  Perhatikan sirkulasi udara

Untuk mendesain kamar mandi yang sehat maka kita juga perlu memperhatikan sirkulasi udara didalam kamar mandi. Ini penting dilakukan agar kamar mandi tidak bau dan pengap yang menjadikan tidak sehat.

Untuk itu kita perlu membuat kisi-kisi pada bagaian bawah pintu kamar mandi ataupun diatas kamar mandi. Apabila tidak memungkinkan untuk menggunakan kisi-kisi maka kita bisa memasang exhaust fan.

l  Aman

Agar kamar mandi kita aman digunakan maka kita juga perlu memperhatikan penggunaan lantai kamar mandi. Hindari penggunaan lantai kamar mandi yang licin, tetapi pilihlah lantai yang bersalur sehingga akan terlihat lebih aman digunakan.

Selain itu kita juga perlu memperhatikan kebersihan lantai kamar mandi agar tidak ditumbuhi lumut yang menjadikan lantai menjadi licin.

Dan bagi kamu yang mempunyai lahan terbatas maka bisa menggunakan kamar mandi minimalis bisa menjadi solusi yang tepat. Tak perlu khawatir mempunyai kamar mandi minimalis, kerana dibawah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan agar kamar mandi terlihat modern :

1. Pilih dinding kamar mandi yang berwarna polos

Hal paling utama yang harus kita perhatikan dalam mendesain kamar mandi di atas lahan yang sempit adalah dengan memilih dinding kamar mandi yang berwarna polos.

Hal tersebut dimaksudkan agar kamar mandi tidak terkesan sempit dan warna polos juga akan menjadikan kamar mandimu mempunyai kesan yang bersih dan luas.

2. Pilih material bebatuan untuk lantai

Tips selanjutnya yang dapat kamu pakai adalah dengan memilih material lantai kamar mandi. Disarankan untuk memilih lantai kamar mandi dengan material batuan agar desain kamar mandi terlihat lebih modern.

Kita bisa menggunakan batu alam, yang bisa menjadikan lantai kamar mandi mandi terlihat lebih kasar dan tidak licin saat digunakan.

3. Gunakan Shower untuk kamar mandi minimalis

Sebaiknya jangan menggunakan bathtub pada kamar mandi yang berukuran sempit. Kita bisa menggantinya dengan menggunakan Shower kamar mandi. Pilihlah model shower yang terlihat modern yang ada di pasaran.

4. Gunakan model pintu kamar mandi geser

Memilih model pintu kamar mandi yang akan dipakai biasanya merupakan hal yang harus selaulu kita perhatikan. Kita bisa menggunakan model pintu geser pada pintu tersebut agar saat dibuka tiodak terlalu memakan banyak tempat.

5. Gunakan perabotan kamar mandi secukupnya

Karena desain ini menggunakan lahan yang sempit maka kita harus pintar untuk menggunakan perabotan yag ada di kamar mandi. Sebaiknya pilih perabotan yang penting saja. Misalnya tempat sabun, cermin dan gantungan baju.

Jika kita memasukkan terlalu banyak perabotan maka akan membuat tampilan kamar mandi menjadi sempit dan kumuh.

Selain itu gunakan warna perabotan kamar mandi yang sesuai dengan warna dinding kamar mandi. Ini akan membuat kamar mandimu semakin unik. Misal untuk warna biru, maka kita bisa menggunakan perabotan yang berwarna senada.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatiakan dalam mendesain kamar mandi. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kita.

Hilda

Related Posts

Cara Membuat Batu Alam Untuk Taman Sederhana Tapi Cantik

Cara Membuat Batu Alam Untuk Taman Sederhana Tapi Cantik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Tips Fengshui Ruang Makan Minimalis

Tips Fengshui Ruang Makan Minimalis

Berbagai Inspirasi Motif Dinding Rumah Yang Artistik

Berbagai Inspirasi Motif Dinding Rumah Yang Artistik