Haji Furoda vs Haji Plus: Mana yang Akan Anda Pilih?

Haji Furoda vs Haji Plus: Mana yang Akan Anda Pilih?

Sudah bertahun-tahun pemerintah mengalami masalah mengenai haji. Calon jamaah haji harus mengantri hingga belasan tahun. Bahkan, jika Anda daftar haji saat ini, antriannya bisa mencapai 20 tahun.

Kondisi ini berbeda sekali jika dibandingkan dengan sekitar 20 tahun yang lalu. Pada saat itu, seseorang bisa daftar tahun ini dan langsung bisa haji tahun depan. Itupun tidak harus mengambil haji furoda ataupun haji plus.

Berbeda dengan sekarang. Jika Anda daftar haji reguler, Anda harus sabar menunggu. Namun, jika Anda ingin segera naik haji, pilihannya ada dua, yaitu memilih haji plus atau haji furoda.

Kesamaan antara Haji Furoda dan Haji Plus

Keduanya sebenarnya beda. Hanya saja, ada kesamaan. Entah itu haji plus ataupun haji furoda itu diselenggarakan oleh pihak swasta, bukan pemerintah yang dijalankan oleh Kemenag (Kementerian Agama). Jadi, jika Anda daftar Haji furoda atau haji plus, maka Anda harus daftar di travel yang menyelenggarakan haji furoda ataupun haji plus.

Selain itu, ada juga kesamaan lainnya. Dengan mengambil jenis haji ini, Anda tidak harus menunggu lama. Ada jalur eksklusif sehingga Anda bisa lebih cepat berangkat haji.

Mengenai biaya, memang biaya haji plus dan haji furoda ini sangat mahal. Namun, ini sesuai dengan pelayanan yang akan Anda dapatkan. Anda akan menginap di hotel yang dekat dengan Masjidil Haram. Inilah yang membuat banyak umat Islam yang akhirnya mengambil haji furoda atau haji plus.

Mungkin itulah letak kesamaannya. Namun, ada juga letak perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus

Setelah Anda tahu kesamaannya, lalu apa perbedaan Haji Furoda vs Haji Plus? Perbedaan yang paling mencolok adalah keberangkatan. Jika Anda daftar haji plus, mungkin Anda harus sedikit lebih sabar untuk menunggu. Anda harus menunggu beberapa tahun. Namun, lama menunggu biasanya tidak sampai 10 tahun. Biasanya sekitar 5 tahun.

Mungkin Anda bertanya mengapa ambil yang ONH Plus tapi tetap menunggu. Jawabannya adalah kuota. Jadi, haji plus ini juga termasuk ke dalam kuota haji yang diberikan oleh Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia. Hanya saja, ada beberapa persen dari kuota yang diberikan kepada swasta untuk menyelenggarakan haji plus.

Jika Anda ingin daftar sekarang dan tahun depan berangkat haji, maka Anda harus daftar haji furoda. Ada beberapa travel haji furoda yang menyelenggarakan haji furoda ini. Mereka mendapatkan kuota sendiri langsung dari Kerajaan Arab Saudi. Jadi, ini bukan kuota haji yang diberikan Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia. Itulah mengapa haji furoda disebut juga dengan haji non kuota atau haji tanpa antri.

Anda Mau Pilih yang Mana?

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah mana yang akan Anda pilih antara Haji Furoda vs Haji Plus? Dilihat dari layanan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan di Tanah Suci, sebenarnya tidak jauh beda antara haji plus dengan haji furoda. Letak perbedaannya hanya pada lama waktu tunggu. Jika Anda daftar di travel haji furoda, maka tahun depan Anda akan langsung berangkat.

Mungkin Anda akan spontan memilih haji furoda. Namun, ada satu hal yang harus Anda ketahui. Biaya haji furoda sangat mahal. Bisa saja mencapai 2 kali lipat biaya haji plus.

Beberapa orang tidak mempermasalahkan tentang biaya haji furoda. Bahkan, ada beberapa dari mereka yang mati-matian kerja keras dan menabung sekitar 2 sampai 3 tahun agar mampu membayar biaya haji furoda. Ini pilihan yang mereka ambil daripada daftar 25 juta namun menunggu hingga 20 tahun.

Jika Anda setuju dengan mereka, Anda bisa segera menghubungi travel yang menyelenggarakan haji furoda. Anda akan diminta untuk registrasi dan menyiapkan uang muka $17,500.

Setelah melakukan registrasi, pihak tour and travel haji akan mengajukan visa haji furoda kepada Kerajaan Arab Saudi. Anda akan segera dikabari jika pengajuan visa sudah disetujui. Itu artinya Anda harus bersiap-siap karena Anda akan segera berangkat ke Tanah Suci.

Biasanya, Anda tidak perlu menunggu. Ada yang berangkat di tahun yang sama ketika melakukan pendaftaran. Akan tetapi, jika visa belum disetujui, kemungkinan harus menunggu hingga tahun berikutnya.

Yang pasti, Anda jangan asal memilih travel. Pastikan travel yang Anda pilih terdaftar di Kemenag. Selain itu, travel tersebut juga sudah berpengalaman memberangkatkan jamaah haji furoda.

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

6 Parfum KENZO Paling Enak

6 Parfum KENZO Paling Enak