Legit Menggigit, Yuk Intip Resep Rahasa Membuat Puding Nangka Gula Merah

Legit Menggigit, Yuk Intip Resep Rahasa Membuat Puding Nangka Gula Merah

Buah nangka seringkali menjadi buah yang cukup banyak dikreasikan menjadi aneka kuliner lezat. Salah satunya hadir dalam bentuk puding yang dipadukan dengan manisnya gula merah, dijamin dessert satu ini tidak akan mengecewakan siapapun yang mencicipinya. Daripada membayangkan cita rasanya yang nikmat, tidak ada salahnya menerapkan resep rahasia membuat puding nangka gula merah berikut.

Resep Simpel Mengolah Pusing Dari Nangka dan Gula Merah

  1. Bahan Membuat Puding 1

Sebelum memulai proses pembuatan pusng, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah membeli semua bahan utamanya. Khusus untuk membuat dessert cantik satu ini, setidaknya bahan yang diperlukan akan dibagi menjadi dua. Pada bahan pertama setidaknya membutuhkan ½ sendok teh jeli instan bubuk, 700 ml air bersih, 15 buah nangka yang diblender halus, 1 bungkus agar agar bubuk, serta 100 gram gula merah yang dilarutkan dengan air sekitar 50 ml.

Sebelum menyiapkan bahan yang kedua, pastikan semua bahan pertama telah tersedia tanpa terkecuali. Hal ini perlu dilakukan, agar rasa pudingnya terasa sempurna dan sesuai dengan perkiraan awal tanpa ada yang mengganjal. Jika diperlukan, silahkan catat semua bahannya dalam sebuah memo ketika hendak berbelanja membeli semua bahannya. Sebagai catatan tambahan, jangan lupa untuk membawa uang lebih sebagai antisipasi.

  1. Bahan Membuat Puding 2

Meski hampir serupa, namun bahan yang diperlukan dalam membuat puding nangka tahap dua ini tidaklah sama. Dimana beberapa bahan yang diperlukan meliputi 1 bungkus agar agar bubuk, ½ sendok teh garam, 1 buah kuning telur, 700 ml santan, 1 lembar daun pandan yang diikat simpul, serta 100 gram gula merah sisir yang kemudian dilarutkan dalam air sekitar 50 ml dan saring dan letakkan di wadah khusus terlebih dahulu.

  1. Proses Pembuatan Puding

Ketika semua bahannya telah disiapkan dengan baik, kini saatnya untuk melangkah pada proses pembuatan pudingnya. Pertama tama silahkan rebus air bersih bersama dengan agar agar, daun pandan serta jeli instan sembari mengaduknya hingga merata. Jika sudah mendididih, masukkan gula merah cair dan nangkanya lalu aduk kembali dan buanglah daun pandannya. Tuangkan adonan ke dalam loyang dengan membiarkannya dalam keadaan miring.

Pada tahap selanjutnya silahkan rebus agar agar, santan, garam dan daun pandan sembari diaduk. Apabila sudah mendidih, masukkan gula merah cair dan aduk kembali. Setelah itu masukan telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tampak berserabut. Apabila dirasa cukup, tuangkan di atas puding nangka lapisan pertama lalu didinginkan. Agar lebih nikmat, masukkan puding ke dalam kulkas dan tunggu hingga dingin sebelum disajikan.

Bosan mengkonsumsi buah nangka secara langsung ? Tampaknya kini saat yang tepat membuat kreasi seperti puding dari buah nangka. Jika soal rasa, tentu saja dessert ini tentu saja tidak bisa ditolak oleh siapapun yang melihatnya. Bahkan perpaduan warna kuning dan coklat khas gula merah, membuat tampilannya tampak cantik dan menarik dipandang. Rasa pusingnya pun akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama orang tersayang.

 

Hilda

Related Posts

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Penyebab mata merah dan berair pada bayi

Penyebab mata merah dan berair pada bayi