Kalsifikasi Sirih Dan Manfaatnya

Kalsifikasi Sirih Dan Manfaatnya

 

Banyak orang yang sering mendengar tanaman sirih terlebih bagi kaum wanita. Sirih sendiri merupakan  salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan cara merambat ataupun bersandar pada pohon yang lainnya. Tanaman sirih sendiri merupakan tanaman yang berasal atau asli dari Indonesia. Orang tua zaman dahulu sering menggunakan daun sirih ataupun buah dari tanaman ini untuk dikunyah bersamaan dengan yang pelengkap lainnya. Bersamaan dengan tembakau, pinang, gambir, dan juga kapur. Meskipun begitu mengunyah daun sirih Ini juga selalu dikaitkan dengan penyakit kanker mulut. Hal ini dikarenakan daun sirih dapat mengakibatkan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Selain itu kandungan kapur yang terdapat dalam daun sirih dapat mengakibatkan pengerutan yang terjadi pada gusi atau dengan kata lain periodontitis dengan adanya hal tersebut Dapat membuat gigi tanggal titik meskipun antiseptik yang terkandung dalam daun sirih dapat menjadi pencegah gigi berlubang.

Sirih sendiri merupakan salah satu tanaman obat atau yang disebut sebagai fitofarmaka.Jika dilihat berdasarkan klasifikasi ilmiahnya sirih termasuk dalam kerajaanPlantae. Dan masuk dalam ordo Piperales. Nama binomialnya yaitu piper betle dan masih masuk dalam famili Piperaceae. Nama binomialnya diambil dari genusnya yaitu piper dan spesies P.betle. Di Indonesia sendiri sirih ini merupakan salah satu tanaman khas dari Provinsi Kepulauan Riau. Dengan begitu di Kepulauan Riau sendiri masyarakatnya masih sering menggunakan daun sirih untuk dikunyah. Terlebih ketika dalam upacara penyambutan tamu. Selain itu di Kepulauan Riau sendiri sirih digunakan sebagai obat dari berbagai macam jenis penyakit. Namun sirih tidak hanya ditemukan di Kepulauan Riau saja karena saat ini sirih sudah banyak menyebar di seluruh Indonesia. Selain sebagai obat sirih juga bisa digunakan sebagai tanaman hias.

Minyak astiri yang terbuat dari daun sendiri sangat bagus untuk dijadikan sebagai antioksidan. Selain itu bisa juga di gunakan sebagai antijamur dan juga sebagai pembunuh kuman. Menggunakan daun sirih untuk meredakan pendarahan juga bisa dilakukan. Seperti contohnya ketika mImisan. Caranya dengan menggunakan lembaran daun sirih ini kemudian dicuci bersih dan bisa langsung dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu kandungan yang ada dalam daun sirih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit gangguan saluran pencernaan serta menyembuhkan luka yang ada pada kulit kita.

 

 

 

 

 

Hilda

Related Posts

Klasifikasi Burung Merpati

Klasifikasi Burung Merpati

10 Ways to Counterfeit Even More Room Around your house

10 Ways to Counterfeit Even More Room Around your house

Bagaimanakah Anatomi Burung Bangau

Bagaimanakah Anatomi Burung Bangau

Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Baru Lepas agar Tak Infeksi

Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Baru Lepas agar Tak Infeksi