Mengintip Deretan Sungai Terpanjang di Asia yang Populer

Mengintip Deretan Sungai Terpanjang di Asia yang Populer

Benua Asia merupakan benua terbesar yang ada di dunia. Daratan Asia memiliki karakteristik yang unik dengan bentangan alam yang terdiri dari daratan hingga perairan. Sebagaimana di benua yang lain, Asia juga memiliki banyak sungai yang mengalir membelah daratan hingga berujung ke laut. Bahkan beberapa diantaranya memiliki bentangan yang panjang dan dijuluki sebagai sungai terpanjang di Asia. Agar tidak semakin penasaran, yuk simak ulasan berikut.

Mengintip Daftar Sungai Paling Panjang di Benua Asia

  1. Sungai Yangtze

Sungai yang masuk sebagai salah satu sungai terbesar di dunia ini juga masuk kategori sungai paling panjang di Asia. Memiliki panjang hingga 6.300 kilometer, sungai ini membelah daratan Cina dan menjadi pembatas antara kebudayaan Cina kuno yang berada diantara sungai Kuning dan Sungai Yangtze yang berada di wilayah selatan. Tak hanya dikenal sebagai sungai yang terpanjang, sungai ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah bagi para wisatawan.

  1. Sungai Kuning

Cina juga memiliki sungai yang sangat panjang bernama Sungai Kuning. Dinamakan demikian, karena sungai ini terkadang tampak berwarna kuning. Sungai ini juga dikenal dengan sungai Huang He. Sungai Kuning menjadi sungai utama di Cina dan menjadi pusat kebudayaan Cina. Julukan sungai terpanjang tidak terlepas dari bentangan sungai dari hulu hingga hilir yang mencapai 5.464 kilometer. Tentu jika dibandingkan sungai di Indonesia, sungai ini memiliki panjang enam kali lipatnya.

  1. Sungai Mekong

Sungai mekong merupakan sungai yang cukup populer di Asia. Sungai ini juga mendapatkan gelar sebagai sungai paling panjang di dunia peringkat ke 12. Panjang sungai ini sekitar 4.350 hingga 4909 km. Sungai ini melintasi beberapa negara di Asia diantaranya Thailand, Kamboja, Laos, Cina, Vietnam dan Myanmar. Sumber air sungai ini berasal dari Gunung Jifu di Zadulo county. Nama sungai ini merupakan penyebutan yang biasanya diberikan oleh masyarakat Vietnam.

  1. Sungai Gangga

Bagi masyarakat yang sering menonton film india tentu tidak asing dengan sungai terpanjang di Asia ini. Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 2.506 km melintasi beberapa daerah di India. Sungai gangga juga menjadi sungai keramat bagi penduduk India dan merupakan pusat spiritual di India dimana banyak ditemukan mayat dikremasi di sekitar sungai. Keberadaan sungai ini juga memiliki peranan yang sangat penting bagi peradaban India.

Mengulik tentang sungai sungai yang di dunia termasuk di Asia memang sangat menarik. Ada banyak pengetahuan yang bisa diperoleh baik dari segi geografinya hingga sejarah sungai tersebut. Tentu setiap sungai yang ada di Asia memiliki karakteristik yang berbeda beda. Pemandangan di sekitar sungai dipengaruhi oleh tipografi dan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai. Sungai sungai ini juga menjadi pusat peradaban masyarakat sekitarnya.

 

Hilda

Related Posts

Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Anak

Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Anak

Ini Dia Mitos Gunung Muria di Balik Pesona Indahnya

Ini Dia Mitos Gunung Muria di Balik Pesona Indahnya

Tanda dan Gejala Usus Buntu pada Anak

Tanda dan Gejala Usus Buntu pada Anak

Cara Mendidik Anak Laki – Laki dan Anak Perempuan Berbeda

Cara Mendidik Anak Laki – Laki dan Anak Perempuan Berbeda