Plus Minus Menjadi PNS Yang Harus Diketahui

Plus Minus Menjadi PNS Yang Harus Diketahui

Apakah anda ingin jadi PNS? Profesi PNS cukup bergengsi di mata masyarakat. Sehingga banyak yang mengidamkan. Selain status sosial yang dipandang bagus, PNS juga mendapatkan banyak keuntungan lain seperti misalnya gaji pokok, tunjangan hingga dana pensiun. Namun, meski kelihatan menarik, ada banyak juga yang enggan menjalani profesi sebagai abdi negara karena alasan tertentu. Nah, berikut ini plus minus menjadi PNS yang menarik untuk anda simak.

Plus Minus Menjadi PNS

TAHUN 2019 lalu Pemerintah alokasikan sebanyak 197.111 formasi penerimaan CPNS. 36.854 untuk instansi pusat dan sisanya sebanyak 159.257 untuk formasi daerah.

Bekerja sebagai PNS adalah dambaan sebagian besar orang di tanah air sehingga setiap informasi tentang profesi PNS selalu dinanti dan dicari. Mereka rela ikut tes dengan banyak saingan. Bahkan banyak yang berkali kali gagal mencoba peruntungan kembali dengan harapan kali ini jadi pegawai negeri sipil.

Jika menjadi PNS, maka urusan finansial anda terjamin. Karena selain dapat gaji pokok, PNS juga dapat tunjangan serta dana pensiun kelak ketika ia purna. Belum lagi, kemudahan dalam akses pinjaman bank. Ini tentu menjadi satu magnet kenapa banyak yang ingin jadi PNS.

 Meski demikian tak sedikit pula yang mulai tak tertarik menjadi PNS. Terutama generasi mileniak yang tak menginginkan hidup kaku dengan jam kerja tetap dan membosankan seperti jadwal kerja PNS yang biasanya tetap, dan tak banyak perubahan. Bagi sebagian milenial, mendapatkan gaji pokok atau tunjangan tidak akan cukup membuat mereka gembira. Karena bekerja tidak hanya soal uang, tapi juga kreasi dan kebebasan.Tapi, apa saja kelebihan dan kekurangan menjadi PNS?

Kelebihan Menjadi PNS

1. Dapat Tunjangan Menjanjikan

Kelebihan PNS yang pertama, yakni mendapatkan tunjangan yang cukup menjanjikan. Apalagi diberikan bersamaan dengan gaji pokok bulanan. Pemberian tunjangan PNS ini sudah diatur di UU nomor 15 tahun 2014 tentang ASN, jadi pasti setiap PNS mendapatkanya.

2. Dapat Uang Pensiun

Kelebihan lainnya, yakni PNS juga dapat uang pensiun. Ini diberikan setelah purna tugas.

Uang pensiun ini bakal dibayar hingga PNS tersebut meninggal, lalu diberikan ke pasanganya.

3. Status Sosial Yang Lebih Baik

Hingga kini di Indonesia masih banyak pandangan yang menganggap bahwa PNS punya status sosial lebih baik. Sehingga bekerja sebagai PNS kerap lebih dihargai di lingkungan masyarakat.  Bahkan, profesi ini kerap dijadikan strategi untuk cari pasangan idaman.

4. Mudah pinjam uang di Bank

Seorang PNS juga lebih mudah pinjam di bank karena bisa menggunakan (SK) surat keputusan untuk jaminannya.

Bank memang memberikan kemudahan layanan bagi PNS dalam meminjam uang.

5. Dapat Gaji Pokok

Seorang PNS juga akan dapat gaji pokok tiap bulan, tergantung golongan dan masa kerjanya. Jika golonganya baik, haji juga mengikuti. Ketika menduduki posisi penting, gaji juga meningkat.

6. Jaminan Kesehatan

PNS juga dapat fasilitas kesehatan dari Pemerintah lewat BPJS ketenagakerjaan maupun BPJS kesehatan.

7. Kepastian jam kerja

Seorang PNS punya jam kerja pasti. Yakni umumnya sekitar 8-9 jam setiap hari. Jam kerja ini sering dikaitkan dengan keteraturan hidup PNS. Karena jam kerja pasti, PNS juga punya waktu luang pasti, yang bisa digunakan untuk hal lain seperti liburan maupun membuka usaha.

8. Ikut Andil Mengabdi Negara

Seorang PNS lebih berkesempatan mengabdi terhadap negara lantaran mereka masuk ke dalam sistem yang ada.

9. Berkesempatan Tingkatkan Pendidikan Lanjutan

Ketika jadi PNS, anda bisa tetap melanjutkan pendidikan. Namun pastinya harus ikuti prosedur. Pendidikan meningkat, pns pun bisa tingkatkan golongan sehingga gaji meningkat.

Kekurangan Menjadi PNS

1. Siap Kerja Dimana Saja

PNS harus siap dipindah ke berbagai lokasi sesuai keputusan pemerintah dan tidak bisa menolaknya. PNS juga berisiko jabatan diturunkan jadi lebih rendah

2. Jalur Karirnya Panjang

Mereka para PNS harus siapa abdikan waktu ilmu dan tenaga untuk negara dari mulai awal masuk hingga pensiun antara umur 60-65 tahun.

3. Pekerjaan PNS bisa jadi monoton

karena mengerjakan hal sama setiap hari dan tidak berubah. Ini bisa saja menimbulkan kebosanan. Kalau sudah dilanda bosan  akut, seorang PNS tak bisa dengan gampang keluar dari pekerjaanya.

4. Bergantung Terhadap Negara

Sebagai abdi negara, PNS memang selalu bergantung dengan negara bahkan pimpinan. Ini artinya seorang PNS tak punya kebebasan kerja. Mereka harus selalu taat aturan, termasuk soal gaji, jam kerjs, pakaian, etika dan sebagainya.

5. Gaji Tak Berubah

Ketika jadi PNS, gaji tak mudah naik. Ada aturan main yang tak gampang membuat gaji PNS karena sudah ditetapkan. Hal ini menjadi pertimbangan serius kenapa kini banyak anak anak muda enggan jadi PNS.

Nah itulah plus minus atau kelebihan dan kekurangan menjadi seorang PNS yang bisa kalian ketahui. bagi yang memang  ingin hidup teratur, gaji tetap dan dapat pensiunan, mungkin menjadi pegawai negeri sipil (ASN) menjadi pilihan yang tepat.

Namun untuk mencapai profesi ini tidaklah mudah, karena harus memenuhi berbagai syarat dan ikut tes seleksi dengan banyak sekali saingan. Untuk kalian yang tertarik menjadi PNS harus sering-sering mengikuti try out cpns, agar bisa dengan mudah mengerjakan soal saat seleksi CPNS.

Meski terlihat cukup menjanjikan, profesi PNS kini mulai tak lagi diminati terutama para generasi milenial yang lebih suka hidup bebas. Apapun pilihan nya, setiap orang punya pertimbangan masing masing. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

6 Parfum KENZO Paling Enak

6 Parfum KENZO Paling Enak