Sudah Tahu Cara Ternak Cacing Sutra Yang Mudah? Yuk Cek Di Sini

Melirik bisnis yang cukup menjanjikan saat ini adalah berternak cacing rambut atau sutra di lahan sendiri. Hasil yang diperoleh dapat menguntungkan karena banyak peternak yang butuh cacing rambut ini untuk pakan campuran. Pakan campuran digunakan agar hasil ternak lebih banyak dan daging ternaknya berkualitas tinggi. Anda dapat mencoba cara ternak cacing sutra di bawah ini karena sangat mudah untuk diterapkan. Yuk simak ulasan cara berternak di sini!

Cara Berternak Hewan yang Mudah

  1. Memilih Bibit Cacing yang Berkualitas

Anda dapat memperoleh bibit cacing dengan berbagai cara. Pertama dengan membeli bibit cacing di toko ikan hias atau pasar hewan, lalu menggunakannya untuk ditanam. Kedua mencari bibit cacing di ladang atau sawah. Area yang berlumpur adalah tempat yang tepat untuk cacing rambut berkembang biak. Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan untuk memilih bibit cacing yang berkualitas. Pastikan bibit pilihan anda tidak terserang bakteri atau bahan logam.

  1. Media Budidaya

Media untuk membudidayakan cacing ini terdapat 2 pilihan, yaitu media lumpur atau media air biasa. Keduanya dapat menghasilkan cacing rambut yang berkualitas, tetapi memiliki karakter media yang berbeda. Cara ternak cacing sutra dengan media lumpur harus dalam kondisi yang baik dan tidak mengandung bahan logam dengan cara mengambilnya dari sawah. Jika media air yang anda pilih, pastikan air selalu mengalir dan terjaga kebersihannya di dalam media tanam.

  1. Pemindahan Bibit

Perlu dilakukan beberapa tahan yang tepat agar cacing tidak mati. Pertama, pindahkan bibit secara hati hati agar cacing tidak stress. Kedua, pemindahan bibit dilakukan dengan bantuan alat, seperti sendok atau jarring kecil. Ketiga, hindari pemindahan bibit dengan tangan karena suhu tangan dapat menjadi faktor kegagalan anda dalam berternak cacing. Terakhir, lakukan proses pemindahan ini dengan cepat agar bibit tidak stress dan cepat mati.

  1. Perawatan yang Harus Dilakukan

Cara ternak cacing sutra yang terakhir harus memperhatikan perawatannya. Pertama, anda harus memperhatikan debit air yang mengalir pada media yang anda gunakan, terutama jika anda memilih media air. Kedua, pastikan debit air sebesar 5 sampai 7 cm. Debit air yang telalu besar atau kecil dapat mempengaruhi perkembangan cacing dalam media. Terakhir, jagalah air dari bahan bahan kimia agar hasil panen berkualitas dan oksigen yang dalam media.

Membudidayakan cacing rambut atau sutra adalah pilihan tepat karena banyak dicari oleh para peternak ikan atau hewan lainnya. Cacing memiliki kandungan gizi (protein) yang sangat baik untuk hewan ternak. Meskipun harganya lebih mahal daripada pakan lainnya, para peternak tetap bersedia mengeluarkan kocek lebih dalam. Pasalnya penggunaan cacing sebagai pakan hewan ternak mampu menghasilkan daging ikan yang berkualitas tinggi dan ukuran yang lebih besar.

Sudah Tahu Cara Ternak Cacing Sutra Yang Mudah? Yuk Cek Di Sini
Scroll to top